Jika ada seratus pejuang kebenaran, Aku salah satunya, Jika ada sepuluh pejuang kebenaran, Aku salah satunya, Jika hanya ada satu pejuang kebenaran, Aku pastikan akulah orangnya

Sabtu, 21 Februari 2009

Kewajiban Menegakkan Khilafah


Allah SWT telah berfirman, yang artinya: “Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih di antara kalian, bahwa Dia sunggu-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, meneguhkan bagi mereka agama yang telah di ridlai-Nya untuk mereka, dan menukar (keadaan) mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.” (QS an-Nur: 55)

Rasulullah saw. juga pernah bersabda, yang artinya: “Selanjutnya akan muncul kembali Kekhilafahan yang mengikuti metode kenabian.” (HR Ahmad).

Sebagai muslim, sudah sepatutnyalah kita mengimani janji Allah SWT dan membenarkan kabar gembira yang disampaikan oleh Rasulullah saw di atas. Hanya saja, janji itu tidak akan datang dengan sendirinya. Di sinilah, kita dituntut untuk memperjuangkannya, hingga bisyarah nubuwwah tersebut benar-benar terwujud, dengan izin dan pertolongan-Nya.

Adapun Khilafah itu sendiri adalah suatu struktur pemerintahan yang pelaksanaannya diatur berdasarkan syari’at Islam. Sedangkan orang yang menjalankan kepemimpinan itu disebut sebagai Khalifah (pengganti). Menurut pendapat salah seorang ulama terkemuka, Ibn Khaldun, “Khilafah membawa semua urusan kepada apa yang dikehendaki oleh pandangan dan pendapat syar’i tentang berbagai kemashlahatan yang lebih baik bagi kaum muslim. Sebab, seluruh keadaan dunia, penilaiannya harus merujuk kepada asy-Syar’i (Allah SWT) agar dapat dipandang sebagai kemashlahatan akhirat. Jadi, Khilafah, pada hakikatnya adalah Khilafah dari shahib asy-Syar’I (Allah SWT), yang digunakan untuk memelihara agama dan mengatur urusan dunia.” (Ibn Khaldun, Muqaddimah, hlm. 190). Yang menjadi rujukan pendapat tersebut tak lain adalah firman Allah berikut: “Apakah hukum jahiliyah yang mereka cari? Siapakah yang lebih baik hukumnya dibandingkan dengan Allah bagi kaum yang yakin?” (QS al-Maidah: 50)

Karena itulah, menurut Dr. Dhiya’uddin ar-Rais, “Khilafah merupakan kedudukan agama terpenting dan selalu diperhatikan oleh kaum muslim. Syariah Islam telah menetapkan bahwa mendirikan Khilafah adalah satu kewajiban mendasar di antara kewajiban-kewajiban agama. Bahkan dia adalah kewajiban terbesar. Sebab, padanyalah bertumpu/bergantung pelaksanaan seluruh kewajiban lainnya.” (ar-Rais, al-Islam wa al-Khilafah, hlm. 99).

Saking urgennya keberadaan khilafah di tengah-tengah umat, maka ketidakadaannya adalah sesuatu yang sangat ditakuti. Sebab, menurut Imam al-Ghazali, “Kita tidak akan mungkin bisa menetapkan suatu perkara ketika Negara tidak lagi memiliki Imam (Khalifah) dan peradilan telah rusak.” (al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum ad-Din. Lihat juga sarahnya oleh az-Zabidi, II/233). Imam Ahmad bin Hanbal juga mengatakan bahwa, “akan ada fitnah yang sangat besar jika tidak ada Imam (Khalifah) yang mengurusi urusan masyarakat.”

Kewajiban untuk menegakkan Khilafah dan mengangkat/membai’at seorang Khalifah, juga diperkuat oleh sabda Rasul berikut, yang artinya: “Siapa saja yang melepaskan tangan dari ketaatan, ia akan menjumpai Allah pada Hari Kiamat kelak tanpa memiliki hujjah, dan siapa saja yang mati, sedangkan di pundaknya tidak terdapat baiat (kepada Khalifah), maka ia mati seperti kematian jahiliyah." (HR Muslim)

Di sinilah letak pentingnya kaum muslim untuk segera menegakkan Khilafah Islamiyah saat ini di tengah-tengah mereka. Hanya Khilafahlah -Negara Islam yang bersifat global- yang akan mampu menghimpun potensi kaum muslim dan menyatukan Dunia Islam untuk melawan penindasan negara-negara Barat kapitalis, sekaligus mengubur ideologi Kapitalisme yang dibawanya, yang terbukti telah banyak menyengsarakan umat manusia. Walhasil, jika khilafah tegak, yang akan merasakan keberkahannya tidak hanya kaum muslim, tetapi seluruh umat manusia. Wallahu a’lam

3 komentar:

  1. Segera daftarkan BLOG kamu di http://aruhblogger.com di Register Peserta.

    Salam Blogger

    Soulharmony
    085251534313 / 081952954056 / 7718393

    BalasHapus
  2. Teruslah berkarya. Tuk sementara jangan dilihat dari hasilnya, tapi nikmati saja dulu prosesnya. semoga sukses....!

    fahmi riady

    BalasHapus
  3. Wah...senangnya..! akhirnya ustadznya berkunjung juga... hehehe...
    Sstt.. kunjungi blogku lagi ya...
    Trus komentar lagi di sana!
    OK? V3...(fitri)
    Namamu sama dengan namaku loh...
    Bedanya... klo aku F3 kalau kamu V3 hehehe...

    BalasHapus